Kegiatan CSR

PT Darma Henwa Tbk melakukan sejumlah aktivitas Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan atau Corporate Social Reponsibility (CSR) di area sekitar lokasi tambang serta lokasi-lokasi lainnya. Berikut merupakan beberapa aktivitas CSR yang telah dijalankan Perseroan:

 

Tambang Batubara Bengalon

Wilayah operasional Bengalon merupakan bagian dari wilayah administrasi Kabupaten Kutai Timur, Provinsi Kalimantan Timur. Daerah ini merupakan pemekaran wilayah Kabupaten Kutai Kartanegara, dengan ibu kota Sangatta. Sebagai wujud tanggung jawab Perseroan dan upaya mendukung pembangunan daerah, program CSR di wilayah ini difokuskan pada beberapa aspek sebagai berikut:

 

  • Program Praktik Kerja Industri (Prakerin) SMKN 01, Bengalon, Kalimantan Timur.

Untuk mendukung pengembangan masyarakat di sekitar area pertambangan di Bengalon, Perseroan menerima siswa untuk melakukan praktik kerja di tambang. Di tahun 2019, Perseroan mengadakan Prakerin 2 periode dalam setahun, dengan durasi masing-masing 3 bulan. Periode pertama dilakukan di bulan Januari-Maret. Lalu periode kedua pada September-November. Selama 2 periode ini, total ada 53 siswa yang ikut serta.

 

  • Pelaksanaan fogging dan pemberantasan nyamuk penyebab demam berdarah di Desa Sepaso, Bengalon, Kalimantan Timur.

Sebelum melakukan fogging, Perseroan melakukan konsultasi dengan pihak Puskesmas setempat. Wilayah Desa Sepaso menjadi pilihan lokasi fogging karena cukup banyak warganya yang terdampak demam berdarah, dibandingkan warga desa sekitar lainnya.

 

  • Donor darah di Bengalon, Kalimantan Selatan.

Di tahun 2019, Perseroan menggelar 2 kali acara donor darah di area tambang untuk disumbangkan ke PMI Sangatta, Kutai Timur.

 

  • Khitanan massal di Kecamatan Bengalon, Kalimantan Timur.

Kegiatan khitanan massal di Bengalon telah rutin dilakukan Perseroan sejak tahun 2017. Di tahun 2019, ada sekitar 30 anak yang mengikuti khitanan massal ini.

 

  • Pemberian bibit jagung dan sayuran kepada kelompok Tani Sayur Binaan di Blok Etam, Desa Sepaso, Kecamatan Bengalon, Kalimantan Timur.

Untuk kegiatan ini, Perseroan memberi dukungan kepada petani mulai dari proses penanaman hingga panen.

 

Tambang Batubara Asam Asam

Tambang batubara Asam Asam berlokasi di Kecamatan Jorong, Kabupaten Tanah Laut, Provinsi Kalimantan Selatan. Kecamatan ini memiliki populasi lebih dari 30.000 jiwa dengan profesi dan pekerjaan berbeda. Dalam menjalankan program CSR, Perseroan berupaya mengembangkan program komprehensif yang menjangkau seluruh elemen masyarakat. Aktivitas CSR di wilayah ini antar lain:

 

  • Pemberdayaan Kelompok Tani Galam Rabah, Desa Sei Baru, Kecamatan Jorong, Kabupaten Tanah Laut.

Di sini, Perseroan memberdayakan kelompok tani sayuran berupa lombok, kacang panjang, buncis, tomat, terong, kacang tanah. Pemberdayaan yang dilakukan yakni dengan memberikan bantuan mulai dari pembukaan lahan tidur jadi lahan pertanian, pembibitan, hingga pemupukan. Hasil pertanian ini kemudian dipasarkan ke Kecamatan Jorong, Kecamatan  Batu Ampar, dan Kecamatan Kintap.

 

  • Pemberdayaan Kelompok Tani Tentrem, Desa Pandansari. Kecamatan Jorong, Kabupaten Tanah Laut.

Kelompok Tani Tentrem mengembangkan kebun pepaya California dan jeruk manis. Selain itu, ada pula tanaman Lombok, timun, dan kacang-kacangan. Di sini, Perseroan memberikan bantuan berupa bibit tanaman serta pupuk.

 

  • Pemberdayaan Kelompok Kawasan Pertanian Terpadu Mekarsari, Desa Sei Baru, Kecamatan Jorong, Kabupaten Tanah Laut.

Kawasan Pertanian Terpadu Mekarsari ini terdiri dari pertanian, peternakan, dan perikanan. Untuk pertania, Perseroan memberi bantuan berupa penanaman pepaya California, pemberian bibit dan pupuk, serta pengolahan lahan. Pepaya California dipilih karena memiliki produktivitas yang tinggi dengan masa panen selama 7 bulan.

Kemudian untuk peternakan, Perseroan memberdayakan Kelompok Ternak Kambing Etawa. Dimulai dari binaan ternak Asam Asam, diharapkan masyarakat sekitar akan berminat untuk beternak. Kegiatan ini diawali dengan 4 ekor kambing pada bulan Maret 2020. Lalu pada September 2020, jumlahnya telah meningkat menjadi 8 ekor kambing.

 

  • Pemberdayaan Kelompok Tani Jerupih, Desa Sei Baru, Kecamatan Jorong, Kabupaten Tanah Laut.

Pada Kelompok Tani Jerupih, Perseroan memberdayakan peternakan bebek pedaging hibrida dan ayam joper. Bebek pedaging hibrida ini dipasarkan setiap 45-50 hari. Sedangkan, ayam joper dipasarkan 65 hari. Bantuan yang diberikan yakni berupa bibit pakan kandang.

 

  • Pengembangan Kebun Kopi Mbah Moejiran, Desa Sei Baru, Kecamatan Jorong, Kabupaten Tanah Laut.

Kebun Kopi Mbah Moejiran ini awalnya hanya merupakan kopi untuk konsumsi pribadi. Melihat besarnya peluang pengembangan, Darma Henwa memberikan bantuan berupa perkenalan teknologi pascapanen hingga menjadi kopi kemasan. Kini, kopi Mbah Moejiran dijual ke masyarakat sekitar.

 

Tambang Batubara Satui

Tambang Batubara Satui berlokasi di Kabupaten Tanah Bumbu, Provinsi Kalimantan Selatan. Perseroan melakukan program bina lingkungan di kawasan ini antara lain melalui aktivitas berikut:

 

  • Bantuan tas sekolah, alat tulis, dan perlengkapan belajar untuk siswa dan guru SDN 01 Bukit Baru, Desa Sejahtera Mulia, Satui, Kalimantan Selatan.

Perseroan melakukan pemberian bantuan ini dengan pertimbangan bahwa sekolah dasar yang menjadi sasaran merupakan yang terdekat dengan lokasi tambang.

 

  • Pelatihan komputer untuk siswa SMP sekitar Proyek Satui, Kalimantan Selatan.

Program berkelanjutan ini dilakukan Perseroan secara rutin setiap minggunya. Pelatihan berlangsung selama 3 bulan dalam satu gelombang. Ketika pelatihan selesai, siswa yang berpartisipasi mengikuti tes dan mendapatkan sertifikat. Dalam satu kelas pelatihan, ada 20 siswa yang berpartisipasi.

 

  • Pemeriksaan kesehatan gratis untuk masyarakat 4 desa di Satui, Kalimantan Selatan.

Perseroan mendatangkan dokter ke Desa Sejahtera Mulia, Desa Makmur Mulia, Desa Satui Timur, Desa Sungai Cuka, yang berada di lingkar area tambang. Selain melakukan pemeriksaan, Perseroan juga memberikan obat kepada masyarakat yang membutuhkan.

 

  • Pembangunan tempat parkir sepeda motor di Desa Makmur Mulia, di Satui, Kalimantan Selatan.

Ini merupakan kegiatan pengembangan Karang Taruna Desa Makmur Mulia, untuk mengelola lahan parkir sepeda motor di area tambang Satui.

 

  • Bantuan tiang listrik untuk penerangan jalan di Kantor Kecamatan dan Puskesmas Satui, Kalimantan Selatan.

Untuk kegiatan ini, arus listrik diambil dari genset milik Perseroan.

 

Kantor Pusat

Kantor Pusat PT Darma Henwa Tbk berlokasi di Bakrie Tower, Kuningan, Jakarta Selatan. Selain di wilayah tambang, program CSR juga dilakukan di Kantor Pusat, dengan rincian sebagai berikut:

 

  • Pemeriksaan kesehatan dan bantuan alat kesehatan masyarakat Menteng Atas, Jakarta.

 

  • Donor darah karyawan di Bakrie Tower.

Perseroan mengajak setiap insan Darma Henwa untuk berkontribusi terhadap masyarakat dengan melakukan donor darah. Kegiatan ini secara berkelanjutan diadakan Perseroan.

 

  • Bantuan untuk anak yatim bekerjasama dengan Bakrie Amanah.

 

  • Bantuan untuk anak yatim bekerjasama dengan Yayasan Remaja Masa Depan, Jakarta.

 

  • Bantuan penerangan jalan di kantor kecamatan dan Puskesmas Satui.

 

  • Bantuan sembako untuk Pondok Pesantren Missi Islam, Koja, Jakarta Utara.